Minggu, 01 Maret 2015

RESEP GEPUK DAGING SAPI KELAPA SUNDA BANDUNG

CARA MEMBUAT GEPUK DAGING SAPI SUNDA BANDUNG. Gepuk adalah olahan daging sapi asli enak merupakan makanan khas sunda Jawa Barat yang lezat, terasa sedikit manis dan gurih. Biasanya gepuk dibuat dengan daging sapi,yang diiris searah dengan serat daging dan direbus setengah matang, kemudian di pukul pukul hingga agak empuk dan lembut. Daging yang sudah empuk direndam kedalam bumbu yang dicampur dengan santan.kemudian direbus kembali hingga air santan menyusut.Jika akan disajikan gorenglah gepuk dengan sedikit minyak hingga kecokelatan dan angkat.Gepuk akan lebih enak di santap dengan nasi hangat dan sambal.

Gepuk Sunda Sedap

Gepuk daging sering disebut empal rasanya enak mirip - mirip rendang, diantaranya masakan Ny Ong yang terkenal sebagai oleh-oleh khas Bandung dari Nyoya Ong, kemudian ada Gepuk Karuhun, ada gepuk goreng, selain gepuk kota Bandung juga banyak yang terkenal enak, yaitu ada gepuk bogor, gepuk sumedang dengan serundeng kelapa dengan taburan bawang goreng garing diatasnya, dan daerah sekitar sunda. Ternyata buka daging sapi saja yang bisa dibuat masakan gepuk ini, daging ayam, daging kambing bisa juga dibikin gepuk dimakan bersama nasi putih dan sambal terasi atau sambal goang aduuh nikmatnya menu sajian sedap ini.

RESEP GEPUK DAGING SAPI KELAPA

BAHAN :
  • 1/2 kg daging sapi
  • 1/4 kg lengkuas, tumbuk kasar
  • 3 siung bawang putih,haluskan
  • 1/4 ons gula merah
  • 1/2 ons gula pasir
  • 1/4 sdm asam jawa tanpa biji
  • 1 gelas santan kental (dari 1 butir kelapa)
  • 1/4 kg minyak goreng
  • 3/4 liter air, untuk merebus daging sapi
CARA MEMASAK GEPUK SUNDA :
  1. Cuci daging, tiriskan.
  2. Panaskan air hingga mendidih.
  3. Masukkan daging sampai 1/2 empuk.
  4. Angkat, potong-potong sesuai selera.
  5. Pukul-pukul dengan pemukul daging agar daging empuk dan lembut.
  6. Panaskan santan dan air kaldu 1/2 gelas.
  7. Masukkan semua bumbu.
  8. Setelah mendidih, masukan daging yang sudah dipukul-pukul.
  9. Rebus sampai kuahnya kering.
  10. Panaskam 5 sdm minyak.
  11. Goreng daging dengan bumbunya kira - kira 2/3 potong.
  12. Goreng dengan api sedang.
  13. Sesekali bolak balik hingga air kaldu daging kering.
  14. Setelah warna kekuning-kuningan angkat dengan minyaknya. Dan begitu seterusnya.
  15. Hidangkan dengan taburan bawang goreng renyah.



“Klik Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput). disini“

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]