Jumat, 13 Mei 2016

SWEET POTATO BALLS


Punya ubi di rumah, ayooo jangan cuma digoreng atau dikukus gitu aja..... dijamin anak-anak gak bakalan suka kan kalau hanya dikukus atau digoreng. Pengalaman soalnya, anak-anak di rumah mana mau makan ubi, nahhh hasil baca-baca buku NCC kepengen deh bikin sweet potato balls. Kebetulan punya ubi kuning yang kapan hari beli di pasar belum diapa-apain. cukup murah di Lumajang cuma enam ribu rupiah perkilonya, malah kalau lagi banyak bisa dengan harga tiga ribu sampai empat ribu aja. Murah banget kan,,,, :)

Bikin potato sweet balls ini sih dari bangun tidur siang, sambil ngukus ubinya ditinggal liat tv sama sholat. Begitu mateng cepet-cepet dihaluskan biar gak bergerindil. Gorengnya dengan api kecil yaaa, kalau udah mateng nanti pasti ngapung kayak donat itu. Gak nyangka anak-anak di rumah suka semua, dan mereka malah minta dibuatkan lagi. Dasar saya suka makanan beraroma pandan, next mau coba gimana yaa kalau ini dibikin rasa pandan dan rasa pandannya itu emang dari daun suji asli. Ahhhhh kebayang deh enaknya campuran gula dingin sama ubi yang lembut itu :)


SWEET POTATO BALLS
( NCC )

Bahan :

  • 500 gr ubi merah, kukus dan haluskan
  • 2 sdm gula bubuk
  • 3 sdm tepung sagu
  • 1/2 liter minyak goreng
Cara membuat :
  1. Campur ubi halus, gula bubuk dan tepung sagu, aduk rata. Buat bulatan sebesar bola bekel.
  2. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng bola ubi hingga berwarna kuning kecokelatan. Angkat dan tiriskan.
  3. Hidagkan dengan taburan gula dingin.





“Klik Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput). disini“

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]