Sabtu, 25 Februari 2017

Resep Tahu Bulat Goreng Isi Ikan Tenggiri

Bak jamur di musim penghujan, belakangan ini mulai banyak pedagang kililing yang menjajakan tahu bulat. Rasanya enak dan teksturnya memang menyenangkan. Tak heran bila banyak pula yang menyukainya.

Biasanya tahu bulat memang dimakan selagi hangat setelah digoreng. Tapi, bila ingin yang beda dan lebih enak, sepertinya Anda harus sedikit berkreasi. Misalnya, dengan memberikan isian. Seperti resep tahu bulat goreng isi yang akan dibahas pada kesempatan ini.

Ya, tahu bulat yang tengahnya berongga itu akan diisi dengan adonan ikan tuna berbumbu gurih. Tentu Anda bisa membayangkan sensasi rasa apa yang akan dikecap oleh lidah ketika masuk ke dalam mulut.


Bagaimana, tertarik untuk membuat yang seperti itu? Simak penjelasan lengkap resep tahu bulat goreng isi ikan tenggiri berikut ini hingga tuntas supaya hasilnya memuaskan.

Bahan untuk membuat tahu bulat goreng isi ikan tenggiri:
  • 10 buah tahu bulat, sayat salah satu sisinya untuk memasukkan isian.
  • Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng.

Bahan untuk membuat adonan isian ikan tenggiri:
  • 200 gram daging ikan tenggiri, giling.
  • 50 gram tepung sagu.
  • 30 gram putih telur.
  • 50 mililiter air es.

Bumbu untuk membuat adonan isian ikan tenggiri:
  • Garam, gula pasir, dan lada putih bubuk secukupnya.
  • 1 sendok teh minyak wijen.
  • 1 siung bawang putih, diparut.


Tips:
  • Supaya matang merata, ketika menggoreng disarankan untuk menggunakan api sedang.
  • Usahakan untuk menggunakan minyak sayur yang cukup banyak sehingga dapat merendam seluruh bagian tahu bulat ketika digoreng.
  • Sebelum dihaluskan atau digiling, balur daging ikan tenggiri dengan air jeruk nipis untuk mengurangi bau amis.


Cara membuat tahu bulat goreng isi ikan tenggiri:
  • Masukkan semua bumbu untuk membuat adonan isian ikan tenggiri ke dalam wadah, aduk sampai tercampur rata.
  • Tambahkan daging ikan tengiri, aduk sampai tercampur rata.
  • Masukkan putih telur dan air putih, aduk rata.
  • Tambah tepung sagu, aduk rata.
  • Ambil secukupnya, isikan ke dalam tahu bulat, tutup.
  • Panaskan minyak sayur untuk menggoreng.
  • Masukkan tahu bulat yang sudah diberi isian ke dalam minyak sayur panas, goreng sampai matang, angkat, tiriskan.
  • Pindah ke wadah saji, tahu bulat goreng ikan tenggiri sudah siap dinikmati. Simak juga resep tahu pong goreng aci renyah atau resep tahu goreng bumbu kuning gurih.

Resep tahu bulat goreng isi ikan tenggiri ini cukup untuk 4 orang.



“Klik Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput). disini“

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]