Senin, 01 September 2014

RESEP BUMBU PECEL ENAK KHAS BLITAR

Sambal Pecel Khas Blitar

RESEP DAN CARA MEMBUAT BUMBU PECEL ENAK KHAS BLITAR. Artikel kali ini kita membahas kuliner asli blitar dan sudah terkenal menjadi oleh-oleh bumbu nya saja yang sudah dicetak dan siap pakai atau instan tinggal larutkan dengan air sedikit kemudian di ulek dan siap siramkan diatas sayur mayur. Ada variasi aneka rasa pilihan sesuai selera rasa manis, asin, ataupun rasa pedas dan super pedas.

Ternyata sambal bumbu pecel ini banyak hampir setiap kota di Indonesia punya yang membedakan adalah kekhasan, bahan dan cara mengolahnya yang terkadang unik dan asli sedangkan bahan dasar nya sama-sama kacang tanah. seperti saya jumpai juga di beberapa kota di pulau jawa seperti bumbu pecel madiun asli, ponorogo, banyuwangi, surabaya, dll. Kita akan bahas di artikel selanjutnya. Berikut cara mudah bikin bumbu pecel sendiri di rumah ala kreasi masakan dapur kita.

BAHAN :

2  kg  Kacang tanah.

BUMBU PECEL HALUSKAN :
  • 5  biji Kencur.
  • 10  siung bawang putih
  • 10  biji  Lombok besar. (buang isinya)
  • Lombok kecil sesuai selera ( biasanya bumbu pecel dalam tiga rasa: biasa, pedas sedang, pedas)
  • 12  lembar  Daun jeruk purut.
  • 300  gram  Gula merah.
  • 100  gram  Gula putih.
  • 2  sendok teh  Garam.
  • 2  sendok makan air asam.
CARA MENGOLAH BUMBU PECEL SPESIAL KHAS BLITAR :
  1. Sangrai kacang tanah tanpa minyak, dengan wajan tebal atau wajan dari tanah, sampai matang atau kecoklatan, kemudian buang kulit arinya, dan giling kasar dengan mesin giling (bisa juga menggunakan mesin giling manual), sisihkan.
  2. Tumbuk halus: dan sangrai tanpa minyak biar lebih wangi dan tahan Kencur,  Bawang putih,  Lombok besar,  Lombok besar, Daun jeruk purut, (cabe rawit bila pakai),
  3. Campur gula merah, gula putih, garam, dan asam uleni sampai rata.
  4. Campur bumbu halus dan kacang giling aduk sampai rata betul.
  5. Kemudian ditumbuk atau digiling ulang supaya lebih rata dan keluar minyak, akan lebih gurih.
  6. Bumbu pecel siap digunakan.
  7. Jika digunakan ambil beberapa sendok campur sedikit air panas aduk rata, siramkan ke sayur-sayur pecel.
TIPS & TRICKS :
  • Bumbu pecel yang telah jadi supaya dicicipi bila ada yang terasa masih kurang dapat ditambah, misalnya, kurang manis, kurang asin atau kurang pedas.



“Klik Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput). disini“

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]