Selasa, 18 Agustus 2015

DORAYAKI KEJU


Di FB lagi seliweran niy foto-foto kue Dorayaki.Iyaaa kue dari Negara matahari terbit ini. Dan kue dorayaki termasuk dalam kue tradisional Jepang ( Wagashi ). Kue ini berbentuk bundar dan sedikit tembam, dibuat dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki memiliki tekstur lembut dan mirip Castella karena adonan diberi madu. Dan hampir serupa dengan imagawayaki namun berbeda bentuk dan cara memanggang.
Di Indonesia kue ini mulai diperkenalkan bersamaan dengan diputarnya seri anime Doraemon di televisi. Tokoh Doraemon mempunyai kegemaran makankue Dorayaki. Kue dorayaki di Indonesia sudah disesuaikan dengan selera lokal, antara lain dorayaki dengan isian cokelat dan keju.
Pada mulanya Dorayaki hanya terdiri dari satu lembar kue bundar dengan pinngiranyang dilipat sedikit hingga berbentuk segi empat. Di bagian tengah kue diberi selai kacang azuki.
Pada tahun 1914, perusahaan  kue Usagiya memperkenalkan Dorayaki yang dibuat dari adonan Castella dan terdiri dari lembar panekuk. Dorayaki yang terdiri dari dua lembar panekuk dan berbentu bundar kemudian menjadi populer di seluruh Jepang. Di daerah Kansai ( Osaka atau Nara ) kue ini dikenal juga dengan nama Mikasa.
Kue ini diberi nama Dorayaki karena bentuknya yang mirip Gong ( bahasa Jepang Dora ) menurut cerita lain, Samurai bernama Saito Musashibo Benkei adalah pencipta kue ini. Benkei menderita luka-luka dan harus dirawat di rumah penduduk. Setelah sembuh, Benkei memanggang adonan dari campuran air dan tepung terigu di atas gong.Hasilnya berupa kue bundar berisi selai kacang merah yang diberikan kepada orang yang merawatnya sebagai ucapan terimakasih. ( Wikipedia )

Nah kali ini saya jatuh hati sama dorayaki yang dibikin mbak Masita di FB, dorayakinya mulus banget. Akhirnya ikutan bikin juga, karena saya belum pernah makan dorayaki asli, jadi rasanya mirip-mirip martabak manis cuma berasa madu...... di rumah pake isian keju aja, anak-anak suka. Next mau coba pake isian cokelat.
Resep yang aku tulis ini sudah aku kalikan 2 kecuali baking sodanya, dan  hasilnya jadi 5 kue dorayaki......



Dorayaki 
by odila wahyu

Resep :
  • 2 butir telur
  • 8 sdm gula pasir
  • 4 sdm madu ( bisa 1 sachet madurasa )
  • 8 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt soda kue 
  • 4  sdm tepung terigu
  • air secukupnya  ( adonan tidak teralu kental dan tidak terlalu encer saya pake lebih kuran 90 ml  )
Cara membuat :
  1. Campur telur, gula pasir dan madu dengan menggunakan whisker  sampai larut.
  2. Masukkan tepung terigu dan air  aduk rata, diamkan 15 menit.
  3. Tambahkan soda kue aduk rata.
  4. Cetak di loyang teflon sampai matang.
  5. Beri topping sesuai selera.



“Klik Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput). disini“

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]