Senin, 27 Maret 2017

5 Andalan Menu Masakan di Warteg yang Wajib Kamu Coba


Bak jamur di musim penghujan, warung Tegal (warteg) dapat kita temui dengan mudah. Di kota besar, keberadaanya hampir dapat ditemui di setiap sudut jalan.

Pelanggannya juga cukup banyak. Selain karena rasa menu masakan yang dijajakan enak, mungkin juga karena harga jualnya relatif murah. Tak ayal bila warteg juga mudah dijumpai di lingkungan dekat kampus.


Varian menu masakan yang ada di warteg juga banyak. Jadi, pelanggannya tak bosan menikmati berbagai hidangan yang ditawarkan.

Dari sekian banyak varian masakan yang ditawarkan, setidaknya terdapat 5 andalan menu masakan yang wajib Anda coba kalau makan di warteg. Lantaran rasanya yang khas, 5 menu tersebut laris manis dipesan pembeli.

Berikut kelima menu masakan andalan warteg yang wajib Anda coba:


1. Jengkol masak manis


Meski banyak orang menghindarinya, tapi nyatanya jengkol masak manis selalu ada di warteg. Pelanggan juga bisa memilih yang pedas atau tidak.


2. Orek tempe


Sudah seperti menjadi ikon di warteg, pemilik warung pasti menyediakan orek tempe untuk para pelanggan setianya. Rasanya pedas dan makin enak bila dinikmati bersama sambal goreng atau sayur yang lain.


3. Balado


Walau bukan masakan khas regal, tapi Anda juga bisa menemukan beberapa masakan yang diolah menggunakan bumbu sambal balado. Seperti balado kentang, ikan balado, dan ayam balado. Tinggal pilih sesuai yang Anda suka. Anda juga menyantapkan bersama aneka masakan lain. Dicampur-campur rasanya jadi semakin kaya.


4. Telur dadar


Telur dadar yang dijajakan di warteg, tentu berbeda dengan dadar telur (omelet) yang biasa kamu pesan di restoran. Cita rasa telur dadar ala warteg lebih kuat karena di dalam juga ditemukan irisan daun bawang, bawang merah, dan bawang putih. Terkadang, ada pula yang ditambah irisan cabai.


5. Sayur sambal goreng tahu dan rambak


Sama seperti orek tempe, sayur sambal goreng tahu dan rambak juga selalu dijajakan oleh pemilik warteg. Biasanya, masakan ini dimasak dengan kuah santan dengan cita rasa pedas, gurih, manis, dan asin yang cukup mendominasi. Lauknya, bisa apa saja. Mulai dari telur dadar, tempe mendoan, bakwan, ikan goreng, dan lain sebagainya.


Bagaimana, ingin mencoba? Silakan kunjungu warteg dekat rumah Anda. Umumnya, kelima menu masakan tersebut dibandrol dengan harga murah merah.



“Klik Tidak seorang pun yang menghitung-hitung: berapa untung yang kudapat nanti dari Republik ini, jikalau aku berjuang dan berkorban untuk mempertahankannya”. (Pidato HUT Proklamasi 1956 Bung Karno) “Jadikan deritaku ini sebagai kesaksian, bahwa kekuasaan seorang presiden sekalipun ada batasnya. Karena kekuasaan yang langgeng hanyalah kekuasaan rakyat. Dan diatas segalanya adalah kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa.” (Soekarno) “Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun”. (Bung Karno) “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya.” (Pidato Hari Pahlawan 10 Nop.1961) “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri.” – Bung Karno “Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka.” (Pidato HUT Proklamasi 1963 Bung Karno) “……….Bangunlah suatu dunia di mana semua bangsa hidup dalam damai dan persaudaraan……” (Bung Karno) Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun Anda berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya. Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna(tidak cacat atau keriput). Langahnya sebagai berikut, pilih buah tomat yang akan dijadikan benih. Kemudian biarkan buah tomat tersebut menua di pohon. Setelah cukup tua ambil bijinya dan bersihkan dari lendir yang menyelubunginya dengan air. Setelah itu rendam dalam air, pilih biji yang tenggelam. Kemudian lakukan seleksi sekali lagi terhadap biji tomat, pilih yang bentuknya sempurna (tidak cacat atau keriput). disini“

Please Enable JavaScript!
Mohon Aktifkan Javascript![ Enable JavaScript ]